"Anomali" Pasar Smartphone dan Perubahan Perilaku Konsumen
- Firma riset GFK mencatat jumlah smartphone yang terjual di seluruh dunia mencapai 1,44 miliar unit dari seluruh dunia. Angka ini menurun tiga persen pada tahun 2018 dibanding tahun 2017.
Namun ada anomali pada catatan penjualan smartphone global kali ini jika dibandingkan dengan jumlah pendapatan yang diterima vendor smartphone.
Saat penjualan menurun tetapi pendapatan dari penjualan tersebut malah meningkat. GFK mencatat, penjualan smartphone justru menguat ke angka 522 miliar dollar AS atau Rp 7.310 triliun naik sebesar lima persen.
Kenaikan ini didongkrak oleh smartphone flagship yang terus bertumbuh.
Menurut GFK, smartphone masih mendominasi total penjualan technical consumer goods (TCG) pada tahun lalu dan diprediksi akan naik satu persen pada tahun 2019. Pada kuartal IV-2018, tercatat 375 juta smartphone terjual di seluruh dunia.
Jumlah ini menurun tujuh persen secara year-on-year dan menghasilkan nilai penjualan 144 miliar dollar AS atau Rp 2.016 triliun.
Lebih lanjut, GFK mengungkapkan sekitar 12 persen dari total smartphone yang terjual tahun 2018 berbanderol 800 dollar AS atau Rp 11,1 jutaan.
Persentase tersebut naik dari tahun 2017 lalu yang mencapai 9 persen. Sementara itu, segmen menengah dengan rentang harga 150 - 400 dollar AS (Rp 2-5,5 jutaan) disebut menjadi segmen yang paling kompetitif.
Di segmen ini, sebanyak 46 persen smartphone terjual secara global di tahun 2018, naik dua persen dari tahun 2017. Menurut GFK, industri smartphone masih belum menuntaskan catatan merah tahun 2017, yakni minimnya inovasi yang menarik.
Hal ini berimbas pada siklus pergantian perangkat yang semakin lama dan menempatkan harga jual rata-rata (ASP) di bawah tekanan. Alhasil, ASP tercatat turun dua persen ke angka rata-rata penjualan 384 dollar AS (Rp 5,3 jutaan).
Menurut penelitian terhadap "Consumer Life" tentang perilaku konsumen, GFK menemukan fakta adanya perubahan tren konsumen tentang kepemilikan. Konsumen saat ini lebih suka memiliki barang yang sedikit jumlahnya tetapi menawarkan kualitas yang mumpuni.
Mereka bahkan rela membayar dengan harga tinggi demi mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik, ketimbang hanya memiliki ponsel dengan jumlah cukup banyak.
Belum ada Komentar untuk ""Anomali" Pasar Smartphone dan Perubahan Perilaku Konsumen"
Posting Komentar